PESAN SINGKAT

Kamis, 15 Desember 2011

dakwah, tabligh dan propaganda


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam proses pengertian yang integralistik, dakwah merupakan proses yang berkesinambungan yang ditangani oleh para pengemban dakwah dalam rangka mengubah sasaran dakwah agar bersedida masuk ke jalan Allah, dan secara bertahap menuju perkehidupan yang Islami. Suatu proses yang berkesinambungan adalah suatu proses yang bukan insidental atau kebetulan, melainkan benar-benar direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara terus menerus oleh para pengemban dakwah dalam rangka mengubah perilaku sasaran dakwah sesuai dengan tujuan-tujuan yang telah dirumuskan. Sudah bukan waktunya lagi, dakwah dilakukan asal jalan, tanpa sebuah perencanaan yang matang, baik yang menyangkut materinya, tenaga pelaksanya, ataupun metode yang dipergunakannya. Memang benar, sudah menjadi sunnatullah bahwa yang hak akan menghancurkan yang batil (QS. Al-Isra: 81), tetapi sunnatullah ini berkaitan dengan sunnatullah yang lain, yaitu bahwasannya Allah SWT sangat mencintai dan meridhai kebenaran yang diperjuangkan dalam sebuah barisan yang rapi dan teratur. (QS. Ash-Shaf: 4) Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering sekali mendengar kata dakwah. Dan itu sudah tidak asing lagi.Apalagi kita sebagai umat Muslim. Pastinya akan lebih sering mendengar kata tersebut. Kata dakwah ini memiliki beberapa sebutan, diantaranya tabligh dan propaganda.
 Dilihat sekilas ketiga nama tersebut sama, namun ada perbedaan diantara ketiganya. Tujuan utama dakwah ialah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridai oleh Allah. Nabi Muhammad SAW mencontohkan dakwah kepada umatnya dengan berbagai cara melalui lisan, tulisan dan perbuatan. Dimulai dari istrinya, keluarganya, dan teman-teman karibnya hingga raja-raja yang berkuasa pada saat itu.




B. Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dakwah, tabligh dan propaganda?
2.      Apa perbedaan antara dakwah, tabligh dan propaganda?

C. Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui pengertian dakwah, tabligh dan propaganda.
2.      Untuk mengetahui perbedaan antara dakwah, tabligh dan propaganda.

























BAB II
PEMBAHASAN
A.  Dakwah
1.    Pengertian Da’wah
Secara etimologis dakwah berasal dari bahasa Arab, yaitu da’a, yad’u, da’wan, du’a, yang diartikan sebagai mengajak/menyeru, memanggil, seruan, permohonan dan permintaan. Istilah dakwah ini sering diberi arti yang sama dengan istilah-istilah tabligh, amr ma’ruf dan nahi mungkar, mau’idzhoh hasanah, tabsyir, indzar, washiyah, tarbiyah, ta’lim dan khotbah. Setelah mendata seluruh kata dakwah dapat didefinisikan bahwa dakwah Islam adalah sebagai kegiatan mengajak, mendorong, dan memotivasi orang lain berdasarkan bashirah untuk meniti jalan Allah dan istiqoamah dijalan-Nya serta berjuang bersama meninggikan agama Allah. Oleh karena itu, secara terminologis pengertian dakwah dimaknai dari aspek positif ajakan tersebut, yaitu ajakan kepada kebaikan dan keselamatan dunia akhirat. Sementara itu, para ulama memberikan definisi yang bervariasi mengenai kata dakwah, antara lain :[1]
a.    Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, dakwah adalah mengajak seseorang agar beriman kepada Allah dan kepada apa yang dibawa oleh para RasulNya dengan cara membenarkan apa yang mereka beritakan dan mengikuti apa yang mereka perintahkan.
b.    Syaikh Muhammad Ash-Shawwaf mengatakan, ”Dakwah adalah risalah langit yang diturunkan ke bumi, berupa hidayah sang khaliq kepada makhluk, yakni dien dan jalan-Nya yang lurus yang sengaja dipilih-Nya dan dijadikan sebagai jalan satu-satunya untuk bisa selamat kembali kepada-Nya.”
c.    Ahmad Ghalwasy dalam bukunya ”ad dakwah al-Islamiyah” mengatakan bahwa, ilmu dakwah adalah ilmu yang dipakai untuk mengetahui berbagai seni menyampaikan kandungan ajaran Islam, baik itu akidah, syariat, maupun akhlak.
d.   Drs. Muhammad Al-Wakil mendefinisikan, ”Dakwah adalah mengumpul-kan manusia dalam kebaikan dan menunjukkan mereka jalan yang benar dengan cara amar ma’ruf dan nahi munkar.”
Dari beberapa definisi di atas dengan redaksi yang berbeda, namun dapat disimpulkan bahwa esensi dakwah bukan hanya terbatas pada penjelasan dan penyampaian semata, namun juga menyentuh pada pembinaan dan takwin (pembentukan) pribadi, keluarga, dan masyarakat Islam.
2.    Unsur-unsur Dakwah
Unsur-unsur dakwah ialah komponen-komponen yang ada dalam setiap kegiatan dakwah.
a.    Da’i (pelaku dakwah)
Yakni orang yang melaksanakan dakwah baik secara lisan, tulisan, maupun perbuatan yang dilakukan baik secara individu, kelompok atau lewat organisasi atau lembaga.
b.    Mad’u (penerima dakwah)
Yakni manusia yang menjadi sasaran dakwah, atau manusia penerima dakwah, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok, baik manusia yang beragama Islam maupun tidak atau dengan kata lain, dakwah ditujukan kepada seluruh manusia.
c.    Maddah (materi dakwah)
Yakni isi pesan atau materi yang disampaikan da’i kepada mad’u.
d.   Washilah (media dakwah)
Yakni alat yang digunakan untuk menyampaikan materi dakwah 9ajaran Islam) kepada mad’u.
e.    Metode dakwah
Yakni jalan atau cara yang dipakai juru dakwah untuk menyampiakan ajaran materi dakwah Islam. Sesuai denga firman Allah surat An-Nahl ayat 125, menyebutkan bahwa ada tiga metode dakwah :
a)  Bi al-hikmah, yaitu berdakwah dengan memperhatikan situasi dan kondisi sasaran dakwah.
b) Mau’idzotul Hasanah, yaitu dakwah dengan memberikan nasihat-nasihat atau menyampaikan ajaran-ajran Islam dengan rasa kasih sayang.
c)  Mujadalah Billati Hiya Ahsan, yaitu berdakwah dengan cara bertukar pikiran dan membantah dengan cara yang sebaik-baiknya dengan tidak memberikan tekanan-tekanan yang memberatan pada komunitas yang menjadi sasaran dakwah.
f.      Atsar Dakwah
Menurut Jalaluddin Rahmat bahwa efek kognitif terjadi bila ada perubahan pada apa yang dikethui, dipahami atau dipersepsi khalayak.Efek ini berkaitan dengan tranmisi pengetahuan, ketrampilan, kepercayaan atau informasi. Efek afektif timbul bila ada perubahan pada apa yang dirasakan, disenangi atau dibenci khalayak, yang meliputi segala yang berhubungan dengan emisi, sikap serta niolai. Sedangkan efek behavioral merujuk pada perilaku nyata yang dapat diamati, yang meliputi pola-pola tindakan, kegiatan atau kebiasaan berprilaku.
3.    Tujuan Dakwah
Tujuan dakwah secara umum sebagaimana yang diisyaratkan dalam Al-quran adalah mengajak umat manusia (mukmin, kafir, musyrik) kepada jalan yang benar yang diridlai Allah SWT.[2] Sebagaimana yang digambarkan dalam surat al-’Araf ayat 158 :
ö@è%$ygƒr'¯»tƒÚZ$¨Z9$#ÎoTÎ)ãAqßu«!$#öNà6ös9Î)$·èŠÏHsdÏ%©!$#¼çms9ہù=ãBÏNºuq»yJ¡¡9$#ÇÚöF{$#ur(Iwtm»s9Î)žwÎ)uqèd¾ÇósãƒàMÏJãƒur((#qãYÏB$t«sù«!$$Î/Ï&Î!qßuurÄcÓÉ<¨Y9$#ÇcÍhGW{$#Ï%©!$#ÚÆÏB÷sル!$$Î/¾ÏmÏG»yJÎ=Ÿ2urçnqãèÎ7¨?$#uröNà6¯=yès9šcrßtGôgs?ÇÊÎÑÈ


Artinya:
“Katakanlah: "Hai manusia Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, Yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, yang menghidupkan dan mematikan, Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang Ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah Dia, supaya kamu mendapat petunjuk".[3](Q.S. al-’Araf ayat: 158)
Sedangkan tujuan dakwah secara khusus dapat dikalsifikasikan sebagai berikut :
a.       Mengajak orang yang belum masuk Islam untuk menerima Islam.
b.      Amr ma’ruf, perbaikan dan pembangunan masyarakat.
c.       Nahi munkar adalah muatan dakwah yang berusaha mendorong dan menggerakkan umat manusia untuk menolak dan meninggalkan hal-hal yang mungkar.
Mukti Ali berpendapat bahwa tujuan dari pada dakwah adalah menjadikan masyarakat Islam beriman kepada Allah SWT, jiwanya bersih diikuti perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan ucapan batinya, mengagungkan Allah, dan melakukan perbuatan-perbuatan baik untuk kepentingan umat manusia dan demi berbakti kepada Allah SWT.

B.  Tabligh
1.    Pengertian Tabligh
Dilihat dari akar katanya, kata Tabligh berasal dari kata kerja (fi`il) Balagha > yubalighu yang artinya menyampaikan. Sedangkan menurut istilah tabligh adalah “menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang diterima dari Allah, SWT kepada ummat manusia agar dijadika pedoman hidup supaya memperoleh kebahagian didunia dan ahirat.”[4]
Tabligh adalah da’wah Islamiyah dalam bentuk khusus (lisan dan tulisan) untuk menyampaikan ajaran Islam kepada orang lain. Pelaksananya dinamakan muballigh/muballighat.[5]Allah berfirman dalam surat Al-Ahzab ayat 39 :
šúïÏ%©!$#tbqäóÏk=t7ãƒÏM»n=»yÍ«!$#¼çmtRöqt±øƒsurŸwurtböqt±øƒs#´tnr&žwÎ)©!$#34s"x.ur«!$$Î/$Y7ŠÅ¡ymÇÌÒÈ
Artinya:
”Yaitu orang yang menyampaikan risalah Allah, dan mereka takut kepada-Nya, dan tidak ada seorangpun yang mereka takuti kecuali hanya Allah.”[6](Q.S. al-Ahzab ayat: 39)
Jamaah Tabligh ("Kelompok Penyampai") (Bahasa Arab: جماعة التبليغ , juga disebut Tabliq) adalah gerakan dakwah Islam dengan tujuan kembali ke ajaran Islam yang kaffah. Aktivitas mereka tidak hanya terbatas pada satu golongan Islam saja., Tujuan utama dari gerakan ini adalah membangkitkan jiwa spiritual dalam diri dan kehidupan setiap muslim. Jamaah Tabligh merupakan pergerakan non-politik terbesar di seluruh dunia.
Sejarah Tabligh Jama'ah Tabligh didirikan pada akhir dekade 1920-an oleh Maulana Muhammad Ilyas Kandhalawi di Mewat, sebuah provinsi diIndia. Ilham untuk mengabdikan hidupnya total hanya untuk Islam terjadi ketika Maulana Ilyas melangsungkan Ibadah Haji kedua-nya di Hijaz pada tahun1926. Maulana Ilyas menyerukan slogannya, ‘Aye Musalmano! Musalman bano’ (dalam bahasa Urdu), yang artinya 'Wahai umat muslim! Jadilah muslim yang kaffah (menunaikan semua rukun dan syari'ah seperti yang dicontohkan Rasulullah)'.
Tabligh resminya bukan merupakan kelompok atau ikatan, tapi gerakan muslim untuk menjadi muslim yang menjalankan agamanya, dan hanya satu-satunya gerakan Islam yang tidak memandang asal-usul mahdzab atau aliran pengikutnya. Dalam waktu kurang dari dua dekade, Jamaah Tabligh berhasil berjalan di Asia Selatan. Dengan dipimpin oleh Maulana Yusuf, putra Maulana Ilyas sebagai amir/pimpinan yang kedua, gerakan ini mulai mengembangkan aktivitasnya pada tahun 1946, dan dalam waktu 20 tahun, penyebarannya telah mencapai Asia Barat Daya dan Asia Tenggara, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara.
Sekali terbentuk dalam suatu negara, Jamaah Tablih mulai membaur dengan masyarakat lokal. Meskipun negara barat pertama yang berhasil dijangkau Tabligh adalah Amerika Serikat, tapi fokus utama mereka adalah di Britania Raya, mengacu kepada populasi padat orang Asia Selatan disana yang tiba pada tahun 1960-an dan 1970-an.Jamaah ini mengklaim mereka tidak menerima donasi dana dari manapun untuk menjalankan aktivitasnya. Biaya operasional Tabligh dibiayai sendiri oleh pengikutnya.
2.    Latar Belakang berdirinya jamaah Tabligh
Asy-Syaikh Saifurrahman bin Ahmad Ad-Dihlawi mengatakan, ”Ketika Muhammad Ilyas melihat mayoritas orang Meiwat (suku-suku yang tinggal di dekat Delhi, India) jauh dari ajaran Islam, berbaur dengan orang-orang Majusi para penyembah berhala Hindu, bahkan bernama dengan nama-nama mereka, serta tidak ada lagi keislaman yang tersisa kecuali hanya nama dan keturunan, kemudian kebodohan yang kian merata, tergeraklah hati Muhammad Ilyas.[7]
Pergilah ia ke Syaikhnya dan Syaikh tarekatnya, seperti Rasyid Ahmad Al-Kanhuhi dan Asyraf Ali At-Tahanawi untuk membicarakan permasalahan ini. Dan ia pun akhirnya mendirikan gerakan tabligh di India, atas perintah dan arahan dari para syaikhnya tersebut.” (Nazhrah 'Abirah I’tibariyyah Haulal Jama'ah At-Tablighiyyah, hal. 7-8, dinukil dari kitab Jama'atut Tabligh Aqa’iduha Wa Ta’rifuha, karya Sayyid Thaliburrahman, hal. 19)
Markas Jamaah Tabligh Markas besar mereka berada di Delhi, tepatnya di daerah Nizhamuddin. Markas kedua berada di Raywind, sebuah desa di kota Lahore (Pakistan). Markas ketiga berada di kota Dakka (Bangladesh). Yang menarik, pada markas-markas mereka yang berada di daratan India itu, terdapat hizb (rajah) yang berisikan Surat Al-Falaq dan An-Naas, nama Allah yang agung, dan nomor 2-4-6-8 berulang 16 kali dalam bentuk segi empat, yang dikelilingi beberapa kode yang tidak dimengerti. (Jama’atut Tabligh Mafahim Yajibu AnTushahhah, hal. 14) Yang lebih mengenaskan, mereka mempunyai sebuah masjid di kota Delhi yang dijadikan markas oleh mereka, di mana di belakangnya terdapat empat buah kuburan. Dan ini menyerupai orang-orang Yahudi dan Nashrani, di mana mereka menjadikan kuburan para nabi dan orang-orang shalih dari kalangan mereka sebagai masjid. Padahal melaknat orang-orang yang menjadikan kuburan sebagai masjid, bahkan Rasulullah mengkhabarkan bahwasanya mereka adalah sejelek-jelek makhluk di sisi Allah (Lihat Al-Qaulul Baligh Fit Tahdziri Min Jama’atit Tabligh, karya Asy-Syaikh Hamud At-Tuwaijiri, hal. 12)
3.    Aktivitas Dakwah
Markas internasional pusat tabligh adalah di Nizzamudin, India.Kemudian setiap negara juga mempunyai markas pusat nasional, dari markas pusat dibagi markas-markas regional/daerah yang dipimpin oleh seorang Shura.Kemudian dibagi lagi menjadi ratusan markas kecil yang disebut Halaqah.Kegiatan di Halaqah adalah musyawarah mingguan, dan sebulan sekali mereka khuruj selama tiga hari.Khuruj adalah meluangkan waktu untuk secara total berdakwah, yang biasanya dari masjid ke masjid dan dipimpin oleh seorang Amir. Orang yang khuruj tidak boleh meninggalkan masjid tanpa seizin Amir khuruj. Tapi para karyawan diperbolehkan tetap bekerja, dan langsung mengikuti kegiatan sepulang kerja.Orang yang telah khuruj kemudian disebut Karkun, dan tanpa adanya suatu baiat.[8]
Sewaktu khuruj, kegiatan diisi dengan ta'lim (membaca hadits atau kisah sahabat, biasanya dari kitab Fadhail Amal karya Maulana Zakaria), jaulah (mengunjungi rumah-rumah di sekitar masjid tempat khuruj dengan tujuan mengajak kembali pada Islam yang kaffah), bayan, mudzakarah (menghafal) 6 sifat sahabat, karkuzari (memberi laporan harian pada amir), dan musyawarah. Selama masa khuruj, mereka tidur di masjid. Aktivitas Markas Regional adalah sama, khuruj, namun biasanya hanya menangani khuruj dalam jangka waktu 40 hari atau 4 bulan saja. Selain itu mereka juga mengadakan malam Ijtima' (berkumpul), dimana dalam Ijtima' akan diisi dengan Bayan (ceramah agama) oleh para ulama atau tamu dari luar negeri yang sedang khuruj disana, dan juga ta'lim wa ta'alum. Setahun sekali, digelar Ijtima' umum di markas nasional pusat, yang biasanya dihadiri oleh puluhan ribu Karkun dari seluruh pelosok daerah.Bagi Karkun yang mampu, mereka diharapkan untuk khuruj ke poros markas pusat (India-Pakistan-Bangladesh/IPB) untuk melihat suasana keagamaan yang kuat yang mempertebal iman mereka.
Asas 6 sifat
1.      Yakin terhadap kalimat Thoyyibah Laa ilaaha ilallah Muhammadur rasulullah.
Artinya: Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah. LaaIlaaha Ilallah
Maksudnya: Mengeluarkan keyakinan pada makhluk dari dalam hati dan memasukkan keyakinan hanya kepada Allah di dalam hati.
Muhammadar Rasulullah Maksudnya: Mengakui bahwa satu-satunya jalan hidup untuk mendapatkan kejayaan dunia dan akhirat hanya dengan mengikuti cara hidup Rasulullah s.a.w.
2.      Shalat khusyu' dan khudu'.
Artinya: Shalat dengan konsentrasi batin dan rendah diri dengan mengikuti cara yang dicontohkan Rasulullah.Maksudnya: Membawa sifat-sifat ketaatan kepada Allah dalam shalat kedalam kehidupan sehari-hari.
3.      Ilmu ma'adz dzikr
Ilmu Artinya: Semua petunjuk yang datang dari Allah melalui Baginda Rasulullah.
Dzikir Artinya: Mengingat Allah sebagaimana Agungnya Allah.
Maksudnya Ilmu ma'adz dzikr: Melaksanakan perintah Allah dalam setiap saat dan keadaan dengan menghadirkan ke-Agungan Allah mengiti cara Rasulullah.
4.       Ikramul Muslimin
Artinya: Memuliakan sesama Muslim.
Maksudnya: Menunaikan kewajiban pada sesama muslim tanpa menuntut hak daripadanya.
5.       Tashihun Niyah
Artinya: Membersihkan niat.
Maksudnya: Membersihkan niat dalam beramal, semata-mata karena Allah.
6.      Dakwah dan tabligh khuruj fii sabiilillah
Dakwah Artinya: Mengajak
Tabligh Artinya: Menyampaikan
Maksudnya: Memperbaiki diri, yaitu menggunakan diri, harta, dan waktu seperti yang diperintahkan Allah. Dan juga menghidupkan agama pada diri sendiri dan manusia di seluruh alam dengan menggunakan harta dan diri mereka.

C.  Propaganda
1.    Pengertian Propaganda
Propaganda adalah usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang diinginkan penyebar propaganda (Garth S. Jowett and Victoria O'Donnell, Propaganda And Persuasion). Dalam Everyman's encyclopedia propaganda merupakan suatu seni untuk menyebarkan dan meyakinkan suatu kepercayaan, khususnya kepercayaan agama atau politik. Leonard W. Dobb, sebagai pakar opini publik, menyatakan bahwa propaganda merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh individu-individu yang berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok termasuk dengan cara menggunakan sugesti, sehingga berakibat menjadi kontrol terhadap kegiatan kelompok tersebut.
 Propaganda (dari bahasa Latin modern: propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan. ) adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sejumlah orang yang banyak. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara obyektif, tetapi memberikan informasi yang dirancang untuk mempengaruhi pihak lain.[9]
Propaganda kadang menyampaikan pesan yang benar, namun seringkali menyesatkan dimana umumnya isi propaganda lebih menyampaikan fakta-fakta yang pilihan yang dapat menghasilkan pengaruh tertentu, atau lebih menghasilkan reaksi emosional daripada reaksi rasional.Tujuannya adalah untuk merubah pikiran kognitif yang membacanya.
2.    Komponen-komponen propaganda
a)      Pihak yang menyebarkan pesan.
b)      Dilakukan secara terus menerus.
c)      Terdapat proses penyampaian gagasan, ide/ kepercayaan, atau doktrin.
d)     Mempunyai tujuan untuk mengubah opini, sikap, dan perilaku individu/ kelompok.
e)      Menggunakan cara sistematis prosedural dan perencanaan.
f)       Dirancang sebagai sebuah program dengan tujuan yang kongkrit.
3.    Hubungan antara Iklan, Humas dan Propaganda
Dalam bidang periklanan atau kehumasan untuk tujuan komersial, bisa jadi sesuatu itu bukan murni propaganda, namun dapat mengandung elemen propaganda saat pesan bertujuan untuk menyesatkan penerima pesan dengan menyembunyikan:
- Sumber informasi
- Tujuan informan
- Sisi lain cerita (hanya satu pihak)
- Konsekuensi saat pesan ini diadopsi.
4. Teknik-Teknik Propaganda
a)      Pemberian julukan (Name calling) adalah penggunaan julukan untuk menjatuhkan seseorang, istilah, atau ideologi dengan memberinya arti negatif. Contoh: Cap PKI pada penduduk desa tertentu. (Berakibat penduduk tersebut ditangkap karena menganut ideologi yang dilarang pada masa pemerintahan orde baru)
b)      Parade dangdut (Bandwagon) adalah penyampaian pesan yang memiliki implikasi bahwa sebuah pernyataan atau produk diinginkan oleh banyak orang atau mempunyai dukungan luas. Contoh: jutaan orang mendukung Aborsi ( perhatikan jumlah orang tempat tidak disebutkan secara spesifik ).
c)      Teknik transfer adalah suatu teknik propaganda dimana orang, produk, atau organisasi diasosiasikan dengan sesuatu yang mempunyai kredibilitas baik/ buruk. Contoh: Sampoerna Hijau, enaknya rame-rame (baca: rokok diasosiasikan dengan persahabatan)
d)     Tebang pilih (Card stacking) adalah suatu teknik pemilihan fakta dan data untuk membangun kasus dimana yang terlihat hanya satu sisi suatu isyu saja, sementara fakta yang lain tidak diperlihatkan.
e)      Penyamarataan yang berkilap (Glittering generalities) adalah teknik dimana sebuah ide, misi, atau produk diasosiasikan dengan hal baik seperti kebebasan, keadilan, dan demokrasi. Contoh: Marlboro citarasa Amerika sejati
f)       Manusia biasa (Plain folks) adalah salah satu teknik propaganda yang menggunakan pendekatan yang digunakan oleh seseorang untuk menunjukkan bahwa dirinya rendah hati dan empati dengan penduduk pada umumnya. Cara ini banyak digunakan untuk kampanye untuk memperoleh kekuasaan politik (kursi presiden, bupati, pemerintah daerah). Biasanya acara telah dirancang sedemikian rupa saat individu yang dicalonkan lewat, maka ia akan mencium bayi, bersalaman dengan orang biasa, hingga memeluk orang papa.
g)       Kesaksian (testimonial) adalah salah satu teknik propaganda yang paling umum digunakan dimana ditampilkan seseorang yang untuk bersaksi dengan tujuan mempromosikan produk tertentu, terkadang dalam kesaksiannya orang yang sama menjelek-jelekkan produk yang lain.







BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
a.       Dakwah Islam adalah sebagai kegiatan mengajak, mendorong, dan memotivasi orang lain berdasarkan bashirah untuk meniti jalan Allah dan istiqoamah dijalan-Nya serta berjuang bersama meninggikan agama Allah.
b.      Tabligh adalah da’wah Islamiyah dalam bentuk khusus (lisan dan tulisan) untuk menyampaikan ajaran Islam kepada orang lain. Pelaksananya dinamakan muballigh/muballighat.
c.       Propaganda merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh individu-individu yang berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok termasuk dengan cara menggunakan sugesti, sehingga berakibat menjadi kontrol terhadap kegiatan kelompok tersebut.
d.      Adapun perbedaan antara da’wah dan tabligh yaitu: yang paling tinggi dan paling luas cakupannya adalah dakwah. Di dalam dakwah ada beberapa jenjang aktifitas. Salah satunya adalah tabligh. Jadi tabligh itu bagian dari dakwah, tetapi dakwah bukan hanya semata-mata tabligh. Selain tablig, dalam jenjang aktifitas dakwah juga mengenal taklim. Yang bersifat lebih intensif dari sekedar tabligh. Tabligh sendiri berarti menyampaikan. Di dalam tabligh, yang menjadi inti masalah adalah bagaimana agar sebuah informasi tentang agama Islam bisa sampai kepada objek dakwah. Tapi tidak ada tuntutan lebih jauh untuk mendalami suatu masalah itu.










DAFTAR PUSTAKA
Achmad, Amrullah. 1983. Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Prima Duta
Basit, Abdul. 2005. Wacana Dakwah Kontemporer. Purwokerto:STAIN Purwokerto Press
Muhammad, Nuh, Sayid. 2000. Dakwah Fardiyah. Solo: Era Entermedia
Munir. Ilahi, Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Rahmat Semesta
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­____________.2009.Da’wah Tabligh dan Propaganda.Online: bisa dilihat di: [http://nieujik.blogspot.com/2009/02/dakwah-tabligh-dan-propaganda.html] diakses pada tanggal:17 September 2011
Ksismkn2lala. 2010. Tabligh dan Da’wah.Online: bisa dilihat di: [http://ksismkn2tala.wordpress.com/2010/05/25/tabligh-dan-dakwah/] diakses pada tanggal: 17 September 2011
Choir, Amri. 2010. Da’wah, Tabligh dan Propaganda. Online: bisa dilihat di: [http://mantanresidivis.wordpress.com/tag/terminologi-propaganda/] diakses pada tanggal 17 September 2011


[1]____________.2009.Da’wah Tabligh dan Propaganda.Online: bisa dilihat di: [http://nieujik.blogspot.com/2009/02/dakwah-tabligh-dan-propaganda.html] diakses pada tanggal:17 September 2011
[2]____________.2009.Da’wah Tabligh dan Propaganda. Bisa dilihat di: [http://nieujik.blogspot.com/2009/02/dakwah-tabligh-dan-propaganda.html] diakses pada tanggal:17 September 2011
[3] Depag RI. 2008.Al-Quran Tajwid dan Terjemahnya. Depok: Cahaya Qur’an. Hal. 170
[4]Ksismkn2lala. 2010. Tabligh dan Da’wah. Bisa dilihat di: [http://ksismkn2tala.wordpress.com/2010/05/25/tabligh-dan-dakwah/] diakses pada tanggal: 17 September 2011

[5] Ibid.,
[6] Hal: 423
[7]____________.2009.Da’wah Tabligh dan Propaganda. Bisa dilihat di:[http://nieujik.blogspot.com/2009/02/dakwah-tabligh-dan-propaganda.html] diakses pada tanggal:17 September 2011

[8]Choir, Amri. 2010. Da’wah, Tabligh dan Propaganda. Online: bisa dilihat di: [http://mantanresidivis.wordpress.com/tag/terminologi-propaganda/] diakses pada tanggal 17 September 2011

[9]Choir, Amri. 2010. Da’wah, Tabligh dan Propaganda. Online: bisa dilihat di: [http://mantanresidivis.wordpress.com/tag/terminologi-propaganda/] diakses pada tanggal 17 September 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GALERI

Photobucket